Selasa, 09 September 2008

Spam (3th)

Pada tulisan terdahulu yang berjudul sudah dibahas mengenai apa itu spam dan bagaimana bentuknya. Melalui seri terakhir kali ini akan dibahas mengenai program anti-spam dan apa saja yang mereka lakukan.

Progam anti-spam
Program anti-spam mampu untuk mendeteksi e-mail yang tidak diinginkan atau spam dan mencegahnya sampai pada mailbox Anda. Program-program ini menggunakan kombinasi dari metode-metode yang bisa mengambil keputusan apakah suatu e-mail itu adalah spam atau bukan. Program-program ini dapat:

  • Memblokir e-mail yang datang dari alamat yang ada dalam daftar blacklist. List ini bisa tersedia secara komersial atau juga sudah ada di lokal yang berasal dari spam sebelumnya.
  • Memeriksa apakah suatu e-mail datang dari suatu domain yang valid dan terpercaya. Spammer seringkali menggunakan alamat palsu dalam menghindari program anti-spam.
  • Melihat keyword atau frase yang biasanya ada dalam suatu e-mail spam, seperti kata "credit card" atau "lose weight".
  • Melihat pola atau pattern dalam e-mail spam terhadap kata-kata yang dicurigai sebagai suatu spam, misalnya kata-kata "hardc*re p0rn".
  • Melihat kode HTML yang tidak lazim dalam e-mail. Spammer seringkali memanfaatkan kode HTML untuk menulis pesan spam agar tidak mudah terlacak oleh program anti-spam.

Program anti-spam mengkombinasikan semua informasi yang ada untuk memutuskan kemungkinan suatu e-mail adalah spam. Bila kemungkinannya sangat tinggi maka program anti-spam dapat memblokir e-mail tersebut atau bahkan menghapusnya secara otomatis. Anda juga bisa mengatur secara manual terhadap kemampuan program anti-spam dalam membasmi spam.

Program yang mampu belajar untuk mengetahui e-mail mana yang Anda inginkan
Beberapa program anti-spam bersifat adaptive yang maksudnya dia bisa belajar sendiri untuk menentukan e-mail yang spam atau bukan. Sebagai contoh, suatu perusahaan farmasi meng-install program anti-spam. Pada saat pertama maka program tersebut akan berusaha mengenali e-mail spam berdasarkan e-mail yang mengandung kata-kata seperti credit, free, consolidate, debt, mortgage, drugs, prescription, medication dan doctor misalnya. Program tersebut akan memblokir e-mail yang mengandung banyak kata-kata tersebut tetapi juga memperbolehkan user individual untuk menerima e-mail yang mereka mau terima.

Misalnya orang pada bagian riset memang sering menerima e-mail bukan spam yang mengandung kata drugs dan mereka meminta bahwa e-mail tersebut harus dianggap bukan spam. Disini program anti-spam bisa belajar secara otomatis bahwa orang yang sering menerima e-mail yang mengandung kata drugs, maka e-mailnya akan dianggap sebagai bukan spam. Dilain pihak, misalnya orang di bagian keuangan, sering menerima e-mail yang mengandung kata debt dan memang itu bukan spam, maka program anti-spam akan tetap meloloskan e-mail yang mengandung kata-kata yang berbau keuangan seperti debt, mortgage dan lain sebagainya.

Apakah mungkin program anti-spam akan memblokir e-mail yang bukan spam?
Banyak pengguna merasa khawatir karena program anti-spam akan menghapus e-mail personal Anda atau bahkan e-mail penting Anda. Pada dasarnya e-mail Anda akan aman dan bahkan Anda bisa mengatur untuk melihat e-mail yang sudah dianggap spam oleh program anti-spam.

Program anti-spam bisa sangat akurat dalam menyeleksi e-mail yang spam atau bukan. Itu semua berdasarkan atas metode yang tepat dalam menentukan suatu e-mail adalah spam. Bahkan jika Anda merasa tidak yakin juga, Anda bisa meletakkan daftar e-mail yang dianggap oleh program anti-spam ke dalam suatu area karantina dan tidak akan dihapus. Andalah nantinya yang akan menentukan apakah e-mail dalam karantina tersebut bisa dihapus atau tidak. Beberapa program anti-spam membolehkan e-mail yang sudah dikarantina tadi untuk dikembalikan menjadi e-mail yang bukan spam.

Saya ingin spam!
Spam terkadang dianggap perlu bagi sebagian orang. Contohnya, orang-orang yang bekerja di bidang keuangan terkadang perlu melihat interest rate yang diberikan oleh perusahaan lain melalui e-mail. Atau suatu perusahaan software ingin memonitor apakah software-nya dibajak dan ini bisa diketahui melalui e-mail spam yang menjual software-software bajakan. Untungnya Anda bisa mengatur program anti-spam Anda sehingga Anda bisa menerima e-mail yang sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk membaca tulisan menarik lainnya silakan menuju ke situs Sony AK Knowledge Center dengan alamat di www.sony-ak.com.

Tidak ada komentar: