Selasa, 02 April 2013

Menggunakan Format Painter



Para pembaca yang budiman, pada kesempatan ini perkenankan saya untuk menuliskan beberapa hal -------ingat, hanya beberapa hal saja, gak banyak------- tentang Microsoft Excel 2010 yang sudah banyak diketahui oleh orang tapi kadang-kadang hal tersebut dilewatkan karena belum tahu fungsinya, atau mungkin ada dari pembaca sekalian yang sudah tahu tapi masih malas untuk share informasinya.
Baiklah, tulisan kali ini akan saya buat bersambung dalam beberapa postingan agar pembaca bisa memahami secara bertahap, satu demi satu.
Format Painter
Format Painter dapat ditemukan pada Pita Menu (Menu Ribbon) Home di dalam kotak Clipboard.
 





Fungsi dari format painter adalah menyamakan format dari suatu cell atau table tanpa -------ingat, TANPA------- menyalin (copy) isinya.
Jadi yang disamakan adalah formatnya saja, misalnya sebuah cell telah diformat:

  • Comma Style,
  • Bold,
  • Fill Color (Blue),
  • Font Color (Yellow),
  • Font Size (14).

Semua format ini akan diterapkan pada cell atau beberapa cell yang lain. Maka yang cukup dilakukan adalah Klik Format Painter, maka outline cell tsb akan berkedip garis putus-putus, dan di samping pointer akan muncul icon Format Painter yang selalu menyertai gerak pointer, berarti Format Painter sedang aktif (hampir sama seperti copy). Langkah berikutnya Klik cell tujuannya, maka seluruh format yang ada di cell tadi akan tersalin di cell tujuannya yaitu Comma Style, Bold, Fill Color (Blue), Font Color (Yellow) dan Font Size (14).
Lihat ilustrasi berikut:


Gambar 1. Alamat cell B16 sebagai sumbernya, dan alamat cell D13 sebagai tujuannya.


Gambar 2. Alamat cell D13 sudah berubah sesuai dengan alamat cell B16.




Apabila angka yang muncul adalah pagar ( #### ), itu berarti angka tersebut menempati kolom yang kurang lebar, jadi tinggal dilebarkan kolomnya.

Perhatikan pula bila fungsi Format Painter diterapkan dalam sebuah table, tapi dengan kondisi bahwa jumlah kolom dan baris antara table sumber dan table tujuannya adalah sama. Artinya bila table sumber adalah 10 baris 5 kolom, maka table tujuan juga harus 10 baris 5 kolom. Tapi hal ini tidak harus, tergantung ketrampilan kita menggunakan fungsi Format Painter.

Oh iya, hampir lupa, apabila kita ingin menerapkan fungsi Format Painter berkali-kali kepada alamat cell yang letaknya berbeda-beda, maka cukup Klik 2x (dua kali) icon Format Painter, maka kita akan bisa menrapkan berkali-kali format yang sama pada alamat cell yang berbeda-beda.

Gambar 3. Alamat cell B16 dan B16 sebagai sumber diterapkan pada alamat cell D13 s.d. D19 sebagai tujuannya.

Penggunaan Format Painter pada tabel

Gambar 4. Tabel A1 s.d D9 sebagai sumbernya dan A12 s.d. D20 adalah tujuannya.




Gambar 5. Hasil setelah dilakukan Format Painter.

Demikian tips sederhana dari MS Excel yang dapat saya share, dengan harapan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: